Persipon Pontianak : Ada Ricardo Kaka.

Logo Persipon Pontianak
Persipon Pontianak. Ketika saya mencari informasi tentang klub sepak bola Persipon Pontianak di internet, sepertinya cukup sulit. Karena Klub berjuluk Elang Khatulistiwa ini belum memiliki situs atau web site resmi. 

Saya mendengar berita bahwa Persipon (Persatuan Sepak bola Indonesia Pontianak) akan berlaga di Divisi Utama, namun jujur saya tidak tahu divisi utama apa? Karena saat ini saya bingung bagaimana sistem di liga sepak bola Indonesia. Kalau di Liga Italia kan ada Seri A, B, C dan seterusnya atau di Inggris ada liga utama (Premier League), divisi satu, divisi dua dan seterusnya. Hal ini tak lepas dari kisruh di tubuh PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia.

Kembali ke Persipon. Seperti yang saya sebutkan di atas Persipon akan berlaga di Divisi Utama setelah promosi dari divisi satu. Divisi utama ini akan bergulir di Bulan Maret mendatang.

Meski akan berlaga di divisu utama Liga Indonesia Persipon memiliki masalah utama yaitu masalah dana. Sebab ada syarat untuk berlaga di divisi utama tidak boleh menggunakan APBD. Itu artinya Persipon Pontianak harus mencari sponsor. Kabarnya Persipon membutuhkan dana kira-kira 5 milyar rupiah sebagai modal mengarungi divisi utama.

Stadion

Penampakan Stadion Keboen Sajoek (kebun sayok)
Masalah lain Persipon adalah kelayakan stadion utama Keboen Sajoek (baca kebon sayok) Pontianak. Sebagai peserta liga sepak bola teratas di tanah air setiap klub harus memiliki stadion yang standar. Mulai dari lapangan, ruang ganti, keamanan dan faktor lainnya. Ketua Umum Persipon Pontianak Paryadi (wakil walikota Pontianak) mangatakan akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk menggunakan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman sebagai kandang.

Pelatih

Pelatih yang membawa Persipon Pontianak lolos ke divisi utama adalah  Inyong Lolombulan. Namun kabarnya Inyong akan digantikan mantan pelatih Persepam Madura United, Winedy Purwito. Belum ada kepastian mengenai kabar ini, sebab belum ada kontrak Persipon dengan Winedy.

Pemain

Squad Persipon, saya tidak tahu tahun berapa
Saya kesulitan mendapatkan daftar pemain Persipon Pontianak. Sebab seperti yang saya sebut di atas Persipon tidak punya situs resmi. Kabar terbaru di situs Tribun Pontianak, Persipon berencana akan melamar pemain veteran timnas Kurniawan Dwi Yulianto. 

Namun ada yang lucu di situs wikipedia. Situs ini memuat daftar pemain Persipon dan ada Ricardo Kaka di dalamnya.  Pemain asal Brazil yang sebenarnya saat ini bermain di Real Madrid malah terdaftar sebagai pemain nomor di Persipon. 

Keanehan lainnya Wikipedia sudah "mendaftarkan" Kurniawan Dwi Yulianto sebagai pemain Persipon. Well, ini tentunya tak lepas dari minimnya informasi tentang Persipon Pontianak, sehingga kesalahan ini terabaikan.

Oh yah adalagi nih, fans page resmi Persipon di situs jejaring sosial Facebook pun sepertinya tidak jelas. Ada beberapa halaman yang membuat fan page Persipon tapi informasi yang diberikan sangat kurang.

Bagaimana nih penggemar Persipon? Ada komentar?
Penulis : S. Nainggolan (Masyarakat Penggemar Sepak Bola Pontianak)
Contact : parhusip@gmail.com

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. saya sebagai warga elang khatulistiwa ingin membri saran kepada pengelola persipon untuk segera membuat situs web/blog untuk memudahkan agar semua orang tau bagaimana keadaan persipon.dan lainnya.

    BalasHapus
  2. buka link https://www.facebook.com/pages/Persipon/270556003021787

    BalasHapus