Perkap 2013 : Tentang Penugasan Anggota Polri di Luar Struktur Polri

Halo rekan-rekan anggota Polri di seluruh Indonesia. Malam ini saya mau bagikan file download Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2013 tentang penugasan anggota Polri di luar struktur Polri. 

Perkap ini memang sudah lama ditunggu oleh rekan-rekan anggota Polri yang bertugas di luar instansi Polri seperti di BNN, KPK, BUMN, Kemenko Polhukam, LO Negara Lain, Ajudan Pejabat Daerah dan lain-lain.

Peraturan Kapolri pertama di tahun 2013 ini lebih rinci mengatur tentang hak dan kewajiban anggota Polri yang bertugas di luar Polri. Seperti jabatan, pembinaan karir, pendidikan, masa tugas, persyaratan serta tata cara penugasan.

Yang menurut saya baru di Perkap ini adalah masa penugasan yang dibatasi hanya 2 tahun. Saya kutip isi pasal 10 :


Masa Penugasan Pasal 10
  1. Masa penugasan Anggota Polri di dalam negeri dilaksanakan paling lama 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang 1 (satu) kali atas persetujuan Kapolri.
  2.  Masa penugasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikesampingkan dalam hal untuk kepentingan organisasi Polri atau pembinaan karier. 
  3. Kapolri dapat mendelegasikan kewenangan persetujuan perpanjangan kepada Kapolda untuk penugasan di tingkat Polda. 
Oke, untuk melihat dan mempelajari lebih lengkap silahkan anda download pada link di bawah ini.

Download Peraturan Kapolri 01 Tahun 2013


Oh yah ada yang kurang jelas pada Perkap ini yaitu mengenai PNS Polri, apakah dapat juga ditugaskan di luar struktur Polri. Memang di pasal 1 ayat 2 ada disebutkan yang dimaksud dengan anggota Polri adalah Pegawai Negeri pada Polri. 

Mengacu pada UU No. 2 Tahun 2002 Pegawai Negeri di Polri adalah anggota kepolisian RI dan Pegawai Negeri Sipil.

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar