Pengertian Remunerasi Itu Apa Sih?

Sebenarnya dulu saya sudah membahas ini di blog saya terdahulu. Apa sebenarnya pengertian remunerasi. Dulu saya ingat ada salah seorang pejabat yang dengan ngototnya dia bilang yang benar adalah renumerasi yang artinya penomoran kembali alias renumer. Bahkan media nasional juga kadang ada yang menuliskan renumerasi.

Lalu mana yang benar, remunerasi atau renumerasi?

Sekarang masih kita lihat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Secara resmi arti kata remunerasi adalah pemberian hadiah (penghargaan atas jasa dsb); imbalan. Saya sudah membaca beberapa dasar hukum (Peraturan Presiden) sepertinya tidak ada memuat kata remunerasi. Yang ada adalah kata tunjangan kinerja. Jadi sebutan tunjangan kinerja sama dengan remunerasi.

Kalau kurang yakin coba anda download dan baca Perpres tentang tunjangan kinerja di lingkungan Polri (download DI SINI) atau di lingkungan BNN (download DI SINI).

Biasanya pemberian tunjangan kinerja atau remunerasi tertuang dalam Peraturan Presiden dan untuk melihat besarannya atau grade-nya anda bisa melihat di lampirannya.

Bulan Desember lalu Presiden telah menandatangani pemberian remunerasi terhadap 20 instansi pemerintah. Saya dengar besaran remunerasi ini akan dinaikkan lagi, namun belum ada kejelasan informasi tersebut. Karena pemberian remunerasi ini juga pastinya harus memperhatikan beban anggaran negara.

Jadi sudah jelas yah, yang benar adalah REMUNERASI bukan renumerasi.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar