Langsung ke konten utama

Penerimaan CPNS Tahun 2013 Ini Pake CAT. Wow!!!

Simulasi CAT
Tahun 2013 ini pemerintah akan merekrut 20.000 CPNS. Wow! Itu baru untuk kementrian dan lembaga, belum lagi untuk pemerintah daerah provinsi dan kabupaten. Jumlahnya lebih banyak lagi, 40.000 orang. Bocoran nih, rencananya seleksi akan diadakan bulan Oktober 2013.

Dan ada yang berbeda di tahun 2013 ini. Proses seleksi akan dilakukan berbasis sistem komputer. Keren! Sistem tersbut diberi nama Computer Assisted Test (CAT). Jadi nanti waktu test, anda tak perlu membawa pensil, penghapus dan rautan. Anda tinggal duduk di depan komputer untuk mengisi aplikasi dan menjawab soal.

Teorinya, cara ini akan mengurangi korupsi, kolusi dan nepotisme. Teorinya loh. Tak tahulah kalau prakteknya. Kok sepertinya saya pesimis?

Pengalaman kita ketika melaksanakan sistem berbau teknologi pasti banyak kekurangan bahkan kebablasan. Niatnya untuk efisiensi malah jadi membuang banyak uang. Anda masih ingat proyek e-KTP kan?

Tapi okelah, kita optimis dulu. Coba kita lihat dulu apa sih sistem CAT itu?

Menurut situs bkn.go.id Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Standar Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. Untuk menjamin Standar Kompetensi Dasar CPNS dilakukan Tes Kompetensi Dasar melalui Computer Assited Test.

Tapi bagaimana dengan keamanannya? Soalnya anda tahu sendiri, kalau di negeri ini banyak juga tukang "ngoprek" atau hacker (atau apalah namanya). Gimana nanti kalau mereka bisa menjebol sistem CAT? Bisa-bisa semua hacker jadi PNS.

Nah untuk keamanan menurut Kementerian PAN, mereka meminta Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk melindungi sistem CAT supaya tidak bocor.

Untuk anda yang akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS yang canggih ini anda kudu mempersiapkan hal-hal di bawah ini, untuk diisikan di aplikasi
  • Catat dan bawa KTP
  • Tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir
  • Berkas pas foto digital warna berukuran 200x150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran 30 KB. Jangan lebih!
  • Berkas fotokopi digital ijazah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB
  • Surat elektronik (e-mail) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung
  • Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
  • Untuk pelamar lulusan luar negeri, diwajibkan melampirkan surat keterangan penyetaraan ijazah dari Dikti Kemendikbud, atau surat keterangan telah mengajukan permohonan penyetaraan ijazah.
Oh yah, saya lagi nyari nih ada tidak contoh soal berbentu software yang sudah menggunakan sistem CAT. Ada yang punya nggak? Share dong!
Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mutasi Pamen dan Pati Polri Bulan Mei 2013

Update :

Lihat Daftar Mutasi Pamen dan Pati Polri Terbaru 2014

Di penghujung bulan Mei 2013 terjadi mutasi besar-besaran di lingkungan Polri. Setidaknya ada 723 perwira tinggi dan menengah yang bergeser jabatannya. Hal ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1118/V/2013 tanggal 30 Mei 2013, ST/1119/V/2013 tanggal 30 Mei 2013 dan ST/1120/V/2013 tanggal 30 Mei 201.
Dan berikut adalah daftar nama pamen dan pati Polri yang mendapat mutasi di akhir bulan Mei 2013
IRJEN POL DRS BIGMAN LUMBAN TOBING ANALISIS KEBIJAKAN UTAMA BIDANG BINDIKLAT LEMDIKPOL JABATAN BARU SBG PATI YANMA POLRI (DLM RANGKA PENSIUN)

BRIGJEN POL DRS BENO KILAPONG PATI YANMA POLRI (INSPEKTUR WILAYAH II BNN) JABATAN BARU SBG PATI YANMA POLRI (DLM RANGKA PENSIUN)

IRJEN POL GATOT SUNARYO PATI MABES POLRI ( KASHAR BOTASUPAL BIN) JABATAN BARU SBG PATI YANMA POLRI (DLM RANKA PENSIUN)

BRIGJEN POL DRS SUGENG HERYANTO PATI YANMA POLRI (PENUGASAN BNN SBG KEPALA BNNP KALBAR) JABATAN BARU SBG PATI YANMA POLRI ( DLM RA…

Download Daftar Riwayat Hidup (DRH) PNS

Halo rekan-rekan PNS apa kabar di siang ini? Disela-sela kesibukan saya coba menyempatkan diri untuk berbagi artikel dengan rekan-rekan.

Biasanya daftar riwayat hidup diperlukan sebagai salah satu persyaratan administrasi misalnya untuk naik pangkat, ujian dinas, mutasi dan lain-lain
 Nah, kali ini saya mau bagikan untuk anda blangko Daftar Riwayat Hidup (DRH) versi MS Word (file doc). File DRH ini bisa anda download dan bisa langsung anda isi sesuai kebutuhan.
Oh yah, setahu saya DRH ini adalah format standar yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Berdasarkan Keputusan Kepala BKN  Nomor : 11 Tahun 2002 Tanggal 17 Juni 2002. Artinya format ini berlaku untuk seluruh pegawai negeri di Indonesia, termasuk PNS Polri. Tambahan lagi, DRH ini harus diisi dengan tulisan tangan (bukan diketik).
Tanpa perlu berpanjang lebar silahkan anda download blangko Daftar Riwayat Hidup di bawah ini dan semoga bermanfaat!
Download Daftar Riwayat Hidup

Susunan Dokumen Kontrak

Cara Menyusun Dokumen Kontrak Salah satu pekerjaan yang agak rancu dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah adalah bagaimana menyusun dokumen-dokumen kontrak tersebut. Saya sudah melihat banyak dokumen-dokumen pengadaan, namun sepertinya tidak ada yang sama dalam hal urut-urutan atau susunannya. 
Maksud saya susunan dalam penjilidan Ada yang membuat Surat Perjanjian Saya tidak mengatakan susunan tersebut salah, namun sepertinya pejabat/panitia pengadaan (termasuk saya) masih bingung dalam membuat susunan dokumen kontrak tersebut. 
Hasil konsultasi dengan master-master pengadaan dan hasil pencarian di Google, acuan kita dalam menyusun dokumen kontrak adalah Surat Perjanjian (Kontrak).
Bila anda lihat di naskah surat perjanjian yang ada dalam standar dokumen pengadaan yang dikeluarkan oleh LKPP anda dapat lihat pada poin berikut :
dokumen-dokumen berikut merupakan satu-kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Kontrak ini:
adendum Surat Perjanjian (apabila ada);pokok perjan…