Standar Dokumen Pengadaan


Setelah lulus sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah hal yang paling membingungkan adalah bagaimana membuat dokumen pengadaan sesuai peraturan yang berlaku. 

Jujur, ini juga saya alami. 

Guru terbaik saya adalah belajar. Belajar bisa dari mana saja. Dari para master pengadaan, rekan dan sahabat yang sudah berpengalaman menjadi pejabat/panitia pengadaan. Bila ingin konsultasi dengen mereka bergabunglah di forum pengadaan www.forum.pengadaan.org. Selain itu, Google juga menjadi tempat bertanya. Saya mencari contoh-contoh dokumen pengadaan kemudian saya adopsi sesuai dengan Perpres 70 Tahun 2012.

Ingat, materi yang anda dapat ketika mengikuti diklat tidaklah seberapa. Salah satu cara agar anda cakap dalam pengadaan, anda harus praktek. Jadilah pejabat/panitia pengadaan.

Kembali ke topik, Standar Dokumen Pengadaan disingkat SDP atau ada juga yang menyebut Standar Bidding Document (SBD)

Sebenarnya LKPP sebagai landing sector pengadaan barang/jasa pemerintah sudah membuat standar dokumen pengadaan baik eproc maupun non eproc. Hal ini tertuang dalam Peraturan LKPP Nomor Nomor 15 Tahun 2012.

LKPP melalui website resminya juga memberikan unduhan gratis. Alamat untuk mendownload dapat anda buka di hampir semua situs LPSE.  Bila anda kesulitan, anda dapat mendownload standar dokumen pengadaan secara lengkap di blog Bung Khalid Mustafa

Setelah anda download, anda pelajari dokumennya. Dalam SDP tersebut sudah lengkap bagaimana cara membuat evaluasi, surat perjanjian (kontrak), syarat-syarat khusus kontrak, bentuk-bentuk jaminan dan lain-lain.

Yang perlu juga harus kita pahami bahwa format dalam SDP tersebut tidaklah baku. Artinya anda dapat mengubah format-format tersebut sesuai kebutuhan. Misalnya format berita acara, format undangan dan pengumuman. Format ini dapat anda sesuaikan dengan tata persuratan di instansi tempat anda bekerja. Yang penting harus anda ingat, substansi dari format tersebut harus terpenuhi.

Bila anda inin mendownload contoh dokumen pengadaan langsung barang dan konstruksi bisa anda dapatkan DI SINI.

Untuk sahabat yang ingin share dan diskusi tentang pengadaan dapat menghubungi kami di :

Email : parhusip@gmail.com
HP : 081345245940

Semoga Bermanfaat!
Salam Asaterbaru.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar