Mutasi Polri Terbaru Januari 2014

Ini adalah daftar lengkap mutasi Pamen dan Pati Polri terbaru pada Bulan Januari 2014

Baca Peraturan Kapolri Terbaru

Peraturan Kepala Kapolri Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Kenaikan Gaji Berkala Bagi Pegawai Negeri di Lingkungan Polri

Informasi Penerimaan Bintara Polri Tahun 2014

Persyaratan kurang lebih sama dengan persyaratan dengan tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah persyaratan umum pendaftaran Bintara Polri

Foto montok Maharani

Maharani Suciyono waktu pertama kali tampil di publik dulu. Kalo saya sih perhatikan bener-bener..he..he..he...Btw, anda tau Maharani kan?.

Wanita pemain sepak bola telanjang

ulisan ini berawal dari pertanyaan anggota Forum PNS Polri di inbox saya. Isi pertanyaannya bagaimana caranya agar bisa lulus masuk polisi...

Foto Polwan Polda Lampung

Foto bugil polwan Polda Lampung (jpnn.com)


Berita soal foto bugil memang lumayan menyedot perhatian. Apalagi yang berfoto bugil adalah anggota Polwan.

Brigadir Polisi RS anggota Spri Polda Lampung mungkin tak menduga bila aksi telanjangnya berujung masalah. Padahal kasus serupa sudah sering terjadi yang seharusnya dijadikan pelajaran. 

Kabarnya foto ini disebarkan mantan pacar yang sakit hati karena RS selingkuh. Selingkuhnya menurut berita jpnn.com dengan anggota polisi pula. Haduh... Kasus ini sedang diselidik Bid Propam Polda Lampung

Informasi terakhir menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny Franky Sompie mengatakan, penyebar foto bugil Polwan Lampung berinisial RS telah ditangkap. Pelaku tersebut diketahui pernah menjalin hubungan spesial dengan sang Polwan RS

Oh yah kalau mau lihat fotonya lebih gimana gitu silahkan klik DI SINI (dimuat jpnn.com). Takut dibilangin nyebar foto mesum.

Dan inilah foto pelaku yang menyebarkannya


Namanya Bayu Pradana, berumur 23 tahun. Tampangnya lumayan (setidaknya dalam foto) apalagi saat mengenakan seragam polisi berpangkat Inspektur Dua.

So, bagi para cewek jangan langsung kleper-kleper kalo ketemu orang mengaku polisi apalagi ngaku Akpol.

 

PNS Harus Gunakan Email Resmi

Halo rekan-rekan PNS seluruh Indonesia. Jujur, saya baru tahu kalau PNS sudah "diperintahkan" untuk menggunakan email resmi. Dasarnya adalah Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesianomor 6 Tahun 2013 tentang Penggunaan Alamat Email Resmi Pemerintah Pada Instasi Pemerintah. Diharapkan program ini telah terlaksana per 1 Januari 2013.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan email resmi pemerintah? Sepanjang yang saya tahu email resmi pemerintah adalah yang menggunakan domain resmi pemerintah Indonesia yaitu go.id.

Dalam hal ini semua PNS diharapkan telah mendaftar di www.pnsmail.go.id. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah melakukan pendaftaran di www.pnsmail.go.id

1. Kunjungi alamat resminya yaitu: www.PNSMail.go.id
2. Maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini:

3. Pilih menu paling atas yaitu menu Daftar (Daftar sekarang juga)
4. Setelah itu akan muncul seperti gambar di berikut ini:

5. Isi data Anda selengkap-lengkapnya.
6. Klik daftar
7. Perlu Anda ketahui email tidak langsung aktif ada proses pengaktifan.
8. Selesai.
Catatan :
Harap menggunakan username yang mencerminkan nama lengkap Anda. Penggunaan username yang tidak mencerminkan nama lengkap Anda tidak akan disetujui. Formatnya namadepan.namabelakang@pnsmail.go.id.
Contoh : dedi.suparman@pnsmail.go.id.
Namun bila anda melakukan pendaftaran sekarang, sepertinya server pnsmail.go.id sedang bermasalah.  Dan inilah kekhawatiran saya. Cukup banyak situs web milik pemerintah yang dikelola tidak dengan profesional alias asal jadi.  Coba cek, situs-situs resmi pemerintah yang kontennya tidak diupdate, error bahkan tidak bisa dibuka.

Oh yah silahkan download SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesianomor 6 Tahun 2013 DI SINI

Samsung Galaxy Young GT-S5360 Belum Bisa BBM

Setelah "dilepasnya" BlackBerry Messenger untuk OS Android membuat saya penasaran ingin menjajal BBM di Samsung GT-S5360 jadul saya. Bisakah Samsung Galaxy Y Young GT-S5360 dinstal BBM? Kalau untuk tablet atau smartphone lainnya sudah tidak masalah. Misalnya tablet Advan saya cukup mudah dan simpel instal BBM.

Saya coba cari di Google dan hasilnya, belum ada yang berhasil menggunakan BBM di GT-S5360. Beberapa blog dan forum mengklaim sudah ada yang bisa, namun nyatanya tidak. Sedangkan untuk versi GT-S6310 sudah ada yang berhasil.

Masalah utama GT-S5360 adalah karena belum kompatibel dengan BBM. Android nya masih versi 2 dan Kernelnya masih versi 2 juga, sementara BBM memerlukan Android versi 4 minimal dan Kernel versi 3.

Samsung tidak menyediakan upgrade Samsung GT-S5360 ke Android terbaru. Tapi kalau hanya mengupgrade Android GT-S5360 ke versi 4, ada kok tutorialnya di Youtube. Saya sendiri sudah upgrade ke versi 4.1.1 tapi Kernelnya masih versi 2.

Tapi, walaupun sudah bisa upgrade OS Android di GT-S5360 ke versi 4, tetap belum kompatibel untuk diinstal BBM
Yang perlu kita harus tahu bahwa Samsung Galaxy  GT-S5360 termasuk jenis perangkat ARMv6 yang belum kompatibel dengan BBM seperti ARMv7

Lalu apa saja perangkat jenis ARMv6? Berikut daftarnya :

Acer beTouch E140
Acer beTouch E210
Acer beTouch E400
Acer Liquid mini
Alcatel One Touch OT-906
Alcatel One Touch OT-908
Alcatel One Touch OT-980
Alcatel One Touch OT-990
Alcatel v860 (Vodafone Smart II)
Android SDK emulator
Archos Arnova 7c G2
Asus Garmin nuvifone A50 (T-Mobile Garminfone)
Augen GENTouch 78 Tablet
Beeline E300
Beeline M2
Coby Kyros Internet Tablet (MID7015)
Cowon D3 plenue
Excimer eTab A07
Explay MID-710
Fly IQ250 Swift
Fly IQ260 Blackbird
Fly IQ270 Firebird
Geeksphone One, Geeksphone Zero
Gigabyte GSmart G1305 Codfish
Gigabyte GSmart G1310 Ray
Gigabyte GSmart G1315 Skate
Gigabyte GSmart G1317D Rola
GoClever TAB T70
GoClever TAB T73
Gpad G10
Gpad G11 (HSG X5A)
HighScreen Cosmo
HighScreen Cosmo DUO
HighScreen PP5420
HighScreen Zeus
HTC Aria
HTC ChaCha A810e
HTC Dream (T-Mobile G1, Android Dev Phone 1)
HTC Droid Eris
HTC Espresso (T-Mobile myTouch 3G Slide)
HTC Gratia (HTC Liberty)
HTC Hero (T-Mobile G2 Touch)
HTC Legend
HTC Magic (T-Mobile myTouch 3G, T-Mobile G1 Touch)
HTC Salsa
HTC Tattoo
HTC Wildfire A333
HTC Wildfire
HTC Wildfire S
Huawei Ascend
Huawei Ideos X1 Gaga (Huawei U8180)
Huawei Ideos X3 (Huawei U8510)
Huawei Ideos U8150
Huawei Ideos U8150-B (T-Mobile Comet)
Huawei M835
Huawei M865
Huawei Sonic U8650
Huawei U8100
Huawei U8110 (T-Mobile Pulse Mini)
Huawei U8160 (Vodafone 858 Smart)
Huawei U8220
Huawei U8230
Huawei U8300
Huawei U8500
INQ Cloud Touch
JoinTech JR70
Kyocera Milano
Kyocera Zio M6000
LG Ally (LG VS740)
LG Apex (LG US740)
LG Enlighten (LG VS700)
LG GW620 (Eve, InTouch Max, LinkMe)
LG Optimus (LG GT540)
LG Optimus Chat (C550)
LG Optimus Chic (E720)
LG Optimus Hub (LG E510, Univa)
LG Optimus Link (P690, Optimus Net)
LG Optimus Link Dual Sim (P698)
LG Optimus M (MS690)
LG Optimus Me (P350, Pecan)
LG Optimus Net (P690, Optimus Link)
LG Optimus One (P500, P509, Optimus T, Thrive, Phoenix)
LG Optimus Pro (C660)
LG Optimus T (P509)
LG Optimus S (LS670)
LG Optimus V (VM670)
LG Vortex (VS660)
Lenovo A60
Linx Commtiva N700
MAG iMiTO iM7
MAG iMiTO iM7S
Micromax A50 Ninja
Micromax A60
Micromax A70
Micromax A80
Micromax A85
Micromax A75
Motorola Backflip (Motus, MB300, ME600)
Motorola Citrus (WX445)
Motorola Cliq (Morrison, MB200)
Motorola CLIQ XT (MB501)
Motorola Dext (Morrison, MB220)
Motorola Devour (Calgary, A555)
Motorola Fire (XT311)
Motorola Fire XT (XT531)
Motorola i1 (Opus One)
Motorola Quench (ME501)
Motorola Quench XT3 (Commtiva Z71)
Motorola Quench XT5 (XT502)
Motorola Spice (XT300)
Motorola Spice Key (XT316)
MTC 916
MTC 950 (Huawei U8160, Vodafone 858 Smart)
MTC 955 (Huawei U8650 Sonic)
MTC Android (Huawei U8110, Red Bull Mobile RBMK, T-Mobile Pulse Mini)
MTC Evo
Orange Boston (Gigabyte GSmart G1305 Codfish, Motorola QUENCH XT5, Commtiva Z71)
Orange Monte Carlo
Orange San Francisco (Project JAL, Beeline E400)
Pandigital Novel 7" (Tablet & eReader)
Pantech Crossover
PocketBook IQ 701
Ritmix RMD-720
Samsung GT-B7350 WiTu Pro
Samsung GT-B7510 Galaxy Pro
Samsung GT-B7620 Giorgio Armani
Samsung GT-i5500 Galaxy 5 (Corby, Galaxy Europa)
Samsung GT-i5510 Galaxy 551
Samsung GT-i5700 Galaxy Spica (Galaxy Lite, Galaxy Portal)
Samsung GT-i5800 Galaxy 580 (Galaxy 3, Galaxy Teos)
Samsung GT-i5801 Galaxy Apollo (Galaxy Naos)
Samsung GT-i6500U (Saturn, Galaxy)
Samsung GT-i7500 Galaxy
Samsung GT-S5360 Galaxy Y (Galaxy Young)
Samsung GT-S5512 Galaxy Y Pro Duos
Samsung GT-S5570 Galaxy Mini (Galaxy Pop, Tass)
Samsung GT-S5660 Galaxy Gio
Samsung GT-S5670 Galaxy Fit
Samsung GT-S5830 Galaxy Ace
Samsung GT-S6102 Galaxy Y Duos
Samsung SCH-R720 Admire
Samsung SCH-i100 Gem
Samsung SGH-T499 Dart
Samsung SGH-T589 Gravity SMART (Galaxy Q)
Samsung SGH-T939 Behold II (Behold 2)
Samsung SPH-M580 Replenish
Samsung SPH-M820 Galaxy Prevail
Samsung SPH-M900 Moment
Samsung SPH-M910 Intercept
Samsung SPH-M920 Transform
Sanyo ZIO M6000
Sharp SH7218U
Sony Ericsson W8 Walkman
Sony Ericsson Xperia X8(X8i, Shakira, E15i)
Sony Ericsson Xperia X10 Mini (Robyn, E10i)
Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro (U20i, Mimmi)
Spice Mi-350n/Fly IQ260
Spice Mi-350/Lenovo A60
Spice Mi-270
Spice Mi-280
Spice Mi-310
STAR A7272+
Superpad 10.2" Tablet PC
T-Mobile Comet (Huawei 8150 Ideos)
T-Mobile G1 (HTC Dream)
T-Mobile G2 Touch (HTC Hero)
T-Mobile Garminfone
T-Mobile Move (Alcatel OT-908)
T-Mobile myTouch 3G (HTC Magic)
T-Mobile myTouch 3G Fender LE (HTC Sapphire)
T-Mobile myTouch 3G Slide (HTC Espresso)
T-Mobile Pulse (Huawei U8220)
T-Mobile Pulse Mini (Huawei U8110, Red Bull Mobile RBMK, ??? Android)
ViewSonic V350
Viewsonic ViewPad 7 Tablet
Velocity Micro T103 Cruz tablet
Velocity Micro T104 Cruz tablet
Velocity Micro T105 Cruz tablet
Vodafone Smart II (Smart 2, V860)
Vodafone 845
Vodafone 945
ZTE Blade (Orange San Francisco, Project JAL, Beeline E400)
ZTE Blade U880
ZTE Libra (X880)
ZTE Light (ZTE V9)
ZTE Link
ZTE Penguin (Micromax A60)
ZTE Racer (??? 916)
ZTE Skate (Orange Monte Carlo)
ZTE Tureis

Perangkat tersebut di atas kemungkinan belum bisa instal BBM

Jadi sampai sekarang GT-S5360 belum bisa untuk bbm-an. Ada yang sudah bisa???  Mohon sharingnya.

Update :

Meski ada berita BBM sudah bisa diinstal di Gingerbread 2.3 namun untuk Galaxy Young GT-S5360 tetap belum bisa juga. Saya sudah obok-obok forum XDA developer tak ada trit atau komentar yang menyebutkan berhasil.

Update Februari 2014

Kabarnya saat ini sudah bisa instal BBM di Samsung GT-S5360. Silahkan anda cari tutorialnya di Google. Kebetulan saya sudah tidak menggunakan smartphone ini lagi. Jadi saya tidak lagi mencobanya.

Densus Anti Korupsi. Perlukah?

Wacana pembentukan Detasemen Khusus Anti Korupsi di tubuh Polri beberapa hari terakhir mengemuka. Adalah Anggota Komisi III DPR Ahmad Yani yang mengusulkan pembentukan ini. Yani beralasan sukses  Densus 88/Antiteror dalam menindak kejahatan terorisme.

Pembentukan detasemen ini oleh beberapa pihak akan tumpang tindih dengan Komisi Pembarantasan Korupsi.

Namun Sutarman Kapolri terpilih meyakini pembentukan Densus Antikorupsi tidak akan menimbulkan konflik kepentingan dengan lembaga lain yang juga bertugas dalam cakupan yang sama.

Menurut jenderal polisi bintang tiga itu, sinergi antarlembaga yang diberi tugas serupa perlu ditingkatkan di masa mendatang karena keduanya akan saling membutuhkan.

"Karena tidak mungkin satu lembaga bisa menyelesaikan masalah, misalnya terkait dengan tindak pidana narkotika, terorisme, maupun pemberantasan tindak pidana korupsi, itu kita harus sinergi," katanya.

Markas Besar Kepolisian sudah membentuk tim khusus untuk membahas usulan pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi. Kepolisian akan merumuskan bentuk dan struktur koordinasi detasemen tersebut. "Sudah dibentuk tim dari staf Mabes untuk membahas," kata Kepala Badan Pemelihara Keamanan Mabes Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti, Senin, 21 Oktober 2013

Download Perkap Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Pengadaan CPNS Polri

Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2013 adalah tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kepolisian Negara Republik Indonesia. Perkap ini mengatur tentang tata cara penerimaan dan penempatan CPNS di lingkungan Polri.

Salah satu isi Perkap ini mengatur Persyaratan umum setiap calon/pelamar yang ingin menjadi CPNS Polri. Sebagaimana persyaratan umum bagi pemalar adalah sebagai berikut :

a. warga negara Republik Indonesia;
b. berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun;
c. berusia setinggi-tingginya 40 (empat puluh) tahun bagi dokter umum, dokter gigi, apoteker, psikolog atau dosen, yang telah mengabdi pada instansi pemerintah/lembaga swasta berbadan hukum sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun secara terus-menerus sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002 tanggal 17 April 2002 dan sampai saat ini masih melaksanakan tugas tersebut;
d. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
e. setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945;
f. tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
g. tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
h. tidak tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri;
i. berkelakuan baik;
j. sehat jasmani dan rohani;
k. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah;
l. bersedia menunaikan masa bakti minimal 5 (lima) tahun, terhitung saat pengangkatannya sebagai CPNS Polri;
m. bersedia mengembalikan biaya yang telah dikeluarkan oleh negara, apabila yang bersangkutan mengundurkan diri sebelum masa bakti minimal 5 (lima) tahun berakhir, bukan oleh karena dinas;
n. terdaftar sebagai pencari kerja di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Kantor Wilayah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat;
o. tidak menjadi pengurus dan/atau anggota Partai Politik (Parpol); dan
p. tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download Perkap Nomor 4 Tahun 2013 pada link di bawah ini!

Download Perkap Nomor 4 Tahun 2013


Gambar Ruang TV Minimalis

Halo pegunjung Asaterbaru, di Minggu pagi ini saya mau berbagi gambar-gambar ruang tv minimalis. Kebetulan nih saya lagi nyari ide untuk desain ruang tv minimalis. Beberapa gambar saya temukan dan lumayan keren.

Ruang TV yang saya maksud disini adalah ruang yang terpisah dari ruang tamu, kecuali ruang tamu merangkap jadi ruang tv.

Menurut saya ruang tv itu adalah ruang keluarga. Jadi kita harus membuat senyaman mungkin. Nuansa kekeluargaan harus terlihat. Cerah dan bersahabat. Itu menurut saya loh.

Untuk mempermanis ruang tv anda, anda dapat membuat wallpaper di latar belakang perangkat tv anda dari pada menggunakan cat warna polos.

Dan berikut adalah contoh gambar-gambar ruang tv dengan desain minimalis.





Promosi dan Demosi

 
Ketika terjadi mutasi (perpindahan jabatan) biasanya ada tiga kemungkinan. Tetap, demosi atau promosi. Promosi artinya ada kenaikan jabatan sedangkan demosi penurunan jabatan. 

Mutasi adalah perpindahan pekerjaan seseorang dalam suatu organisasi yang memiliki tingkat level yang sama dari posisi perkerjaan sebelum mengalami pindah kerja. 

Kompensasi gaji, tugas dan tanggung jawab yang baru umumnya adalah sama seperti sedia kala. Mutasi atau rotasi kerja dilakukan untuk menghindari kejenuhan karyawan atau pegawai pada rutinitas pekerjaan yang terkadang membosankan serta memiliki fungsi tujuan lain supaya seseorang dapat menguasai dan mendalami pekerjaan lain di bidang yang berbeda pada suatu perusahaan. 

Transfer terkadang dapat dijadikan sebagai tahapan awal atau batu loncatan untuk mendapatkan promosi di waktu mendatang. Hakekatnya mutasi adalah bentuk perhatian pimpinan terhadap bawahan. Disamping perhatian internal, upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat adalah bagian terpenting dalam seluruh pergerakan yang terjadi dalam lingkup kerja pemerintahan.

Pada prinsipnya tujuan mutasi adalah :

  1. Untuk meningkatkan poduktivitas kayawan.
  2. Untuk menciptakan keseimbangan anatar tenaga kerja dengan komposisi pekejaan atau jabatan.
  3. Untuk memperluas atau menambah pengetahuan karyawan.
  4. Untuk menghilangkan rasa bosan/jenuh tehadap pekerjaannya.
  5. Untuk memberikan perangsang agar karyawan mau berupaya meningkatkan karir yang lebih tinggi.
  6. Untuk alat pendorong agar spirit kerja meningkat melalui pesaingan terbuka.
  7. Untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kondisi fisik karyawan.

Promosi adalah penghargaan dengan kenaikan jabatan dalam suatu organisasi ataupun instansi baik dalam pemerintahan maupun non pemerintah (swasta). Menurut Husein (2003) seseorang yang menerima promosi harus memiliki kualifikasi yang baik dibanding kandidat-kandidat yang lainnya. Terkadang jender pria wanita serta senioritas tua muda mempengaruhi keputusan tersebut. Hal inilah yang banyak diusahakan oleh kalangan pekerja agar bias menjadi lebih baik dari jabatan yang sebelumnya ia jabat. 

Sedangkan demosi adalah penurunan jabatan dalam suatu instansi yang biasa dikarenakan oleh berbagai hal, contohnya adalah keteledoran dalam bekerja. Turun jabatan biasanya diberikan pada karyawan yang memiliki kinerja yang kurang baik atau buruk serta bisa juga diberikan ada karyawan yang bermasalah sebagai sanksi hukuman Demosi merupakan suatu hal yang sangat dihindari oleh setiap pekerja karena dapat menurunkan status, jabatan, dan gaji. 

Namun, demosi atau turun jabatan ini biasa dilakukan oleh beberapa instansi ataupun perusahaan demi peningkatan kualitas kerja, dan juga sebagai motivasi bagi karyawannya agar mau berusaha untuk memperoleh yang diinginkan. Mendapatkan promosi dan menghindari demosi. 

Sumber : nenglyla.wordpress.com



Profil Lengkap Calon Kapolri Komjen Pol Sutarman

Sutarman
Inilah Profil lengkap calon tunggal TB 1 (Kapolri) Komisaris Jenderal Sutarman. Sutarman lahir di Sukoharjo, Jawa Tengah, 5 Oktober 1957.Sutarman terlahir dari keluarga petani yang sangat sederhana. Ayahnya bernama Pawiro Miharjo dan ibunya Samiyem. Ibu kandung Sutarman, Samiyem meninggal dunia akibat sakit sakit kanker payudara yang dideritanya.

Sutarman adalah sulung dari lima bersaudara. Sejak kecil kakak dari Harmini Tekno, Haryati dan  Harwanti sejak kecil sudah berkeinginan masuk  AKABRI. Keluarganya sama seperti penduduk desa lainnya yang berprofesi petani. Bahkan sampai saat ini ayahnya masih mengerjakan sawah sendiri dan beternak sapi.

Suami dari Elly Sutarman ini masuk Akademi Kepolisian tahun 1981. Sebelum diajukan namanya menjadi calon Kapolri oleh Presiden SBY, lelaki yang pernah menjadi kuli bangunan sebelum masuk AKABRI ini sudah beberapa kali menduduki jabatan strategis.Seperti Kapolda Jabar dan Metro Jaya. Terakhir menjadi Kabareskrim. Berikut adalah riwayat lengkap jabatan Sutarman.

  • Pa Staf Lantas Polres Bandung Polda Jabar (1982)
  • Kapolsek Dayeuh Polres Bandung Polda Jabar (1982)
  • Kasat Lantas Polres Sumedang Polda Jabar (1983)
  • Danki Tar Akpol (1986)
  • Kasubbag Renset Dit Pers Polda Metro Jaya (1988)
  • Kapolsek Metro Kebon Jeruk Restro Jakbar (1989)
  • Kapolsek Metro Penjaringan Restro Jakut (1991)
  • Paban Muda III / Binkar Spers ABRI (1993)
  • Kabag Bintibmas Dit Binmas Polda Metro Jaya (1995)
  • Kapusdalaops Polwil Timor Timur Polda Nusra (1996)
  • Kapolres Lombok Timur Polda NTB (1996)
  • Kabag Top / DSP Subdit Diaga Dit Minpers POLRI (1997)
  • Kabag Diawan / Gassus Subdit Dalkar Minpers POLRI (1997)
  • Kabag Dalkar Dit Pers Polda Metro Jaya (1997)
  • Kapolres ekasi Pola Metro Jaya (1999)
  • Ajudan Presiden RI (2000-2001)
  • Kapoltabes Palembang Polda Sumsel (2001-2003)
  • Dirreskrim Polda Jatim (2003-2004)
  • Kapolwiltabes Surabaya Polda Jatim (2004-2005)
  • Kapolda Kepri (2005-2008)
  • Kaselapa Lemdiklat Polri (2008-2010)
  • Kapolda Jabar (2010-2011)
  • Kapolda Metro Jaya (2010)
  • Kabareskrim Polri (2011-2013)
Yang unik, bila langkah Sutarman mulus menjadi Kapolri makan ini adalah kali ketiga Sutarman menggantikan jabatan Timor Pradopo. Pertama Sutarman menggantikan Timur Pradopo saat menjabat Kapolda Jawa Barat 2010. Waktu itu, Timur Pradopo dipindah menjadi Kapolda Metro Jaya.

Kedua, masih pada 2010, Sutarman menggantikan posisi Timur radopo sebagai Kapolda Metro Jaya. Timur kemudian menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan. Sutarman kemudian menjabat Kabareskrim Polri sejak 6 Juli 2011 menggantikan Komjen Pol Ito Sumardi.

Dan kini, Sutarman untuk ketiga kalinya, akan menggantikan Timur Pradopo menjadi Kapolri. Semoga sukses Jenderal!