Tips Agar Lulus Masuk Polisi

Sebelum anda lanjut membaca, informasi ini bukan berita resmi penerimaan anggota Polri di tahun 2014 ini. Saya hanya sekedar berbagi cerita saja soal rekrutmen pegawai di lingkungan Polri. 

Tulisan ini berawal dari pertanyaan anggota Forum PNS Polri di inbox saya. Isi pertanyaannya bagaimana caranya agar bisa lulus masuk polisi. Adakah biaya yang harus dikeluarkan?

Sepanjang yang saya tau, pendaftaran masuk anggota Polri tidak dipungut biaya alias gratis. Sebaiknya persiapkan diri dengan baik. Tak usah berpikir uang untuk nyogok.

Nah, berikut tips yang saya ambil dari berbagai sumber agar lulus masuk polisi. Ini dia!

Persiapan Fisik
  1. Lakukan pola hidup sehat dengan olah raga dan makan teratur. Upayakan melakukan olah raga yang akan diujikan pada saat penerimaan. Misalnya lari, renang, push up/sit up dan lain-lain.
  2. Sebelum mendaftar sebaiknya cek dulu kesehatan fisik/psikis. Hal ini agar anda betul-betul siap pada saat uji fisik. Bila ada kekurangan, anda bisa segera melakukan antisipasi
Persiapan Administasi
Nah,  sebagaimana penerimaan pegawai negeri anda diharuskan mempersiapkan kelengkapan administasi. Misalnya ijazah, SKCK, Pas Photo dan lain-lain

Persiapan Akademik
  1. Carilah contoh soal tes akademik yang relevan dengan penerimaan polisi. Kemudian anda jawab soal-soal tersebut.
  2. Anda dapat menanyakan soal-soal apa saja yang diujikan dengan bertanya kepada anggota Polri.
  3. Ikuti bimbingan masuk polisi. Di Polda tempat saya bertugas saya lihat ada yang melakukan bimbingan baik akademik maupun fisik. Hal ini tidak menyalahi aturan karena membantu untuk mempersiapkan calon anggota Polri yang mumpuni.
Update Informasi
Bila anda serius ingin mendaftar masuk polisi, updatelah informasi anda selalu. Kunjungi situs-situs yang menginformasikan tentang penerimaan Polisi. Misalnya penerimaan.polri.go.id atau polri.go.id atau bisa juga di asaterbaru.com.

Itulah tips-tips yang saya berikan agar bisa lulus jadi anggota Polri. Dan berikut ini adalah tahapan-tahapan tes untuk masuk polisi.
  1. Pemeriksaan administrasi awal
  2. Pemeriksaan kesehatan badan tahap 1
  3. Tes psikologi
  4. Tes akademik
  5. Tes kesehatan badan tahap 2
  6. Tes Jasmani
  7. Lulus pemeriksaan administrasi akhir
  8. Tes penelusuran mental dan kepribadian
  9. Pantukhir
Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar